Sunday, November 30, 2014

Format Rapor Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA dan SMK Berdasarkan PERMENDIKBUD NO. 104 Tahun 2014

Permendikbud 104 tahun 2014 tentang Penilaian hasil belajar oleh Pendidik pada Pendidikan dasar dan menengah, tepat pada lampirannya memaparkan Pedoman Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik. Laporan hasil pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dalam bentuk sebagai berikut. Pelaporan oleh Pendidik, Laporan hasil penilaian oleh pendidik dapat berbentuk laporan hasil ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.Rapor Kurikulum 2013 yang disampaikan oleh pendidik kepada kepala sekolah/madrasah dan pihak lain yang terkait (misal: wali kelas, guru Bimbingan dan Konseling, dan orang tua/wali). Pelaporan oleh Satuan Pendidikan meliputi: hasil pencapaian kompetensi dan/atau tingkat kompetensi kepada orangtua/wali peserta didik dalam bentuk buku rapor, pencapaian hasil belajar tingkat satuan pendidikan kepada dinas pendidikan kabupaten/kota dan instansi lain yang terkait; dan hasil ujian Tingkat Kompetensi kepada orangtua/wali peserta didik dan dinas pendidikan. kedepan kemdikbud melalu direktoratnya 

Nilai Untuk Rapor
Hasil belajar yang dicantumkan dalam Rapor berupa:
1) untuk ranah sikap menggunakan skor modus 1,00 – 4,00 dengan predikat Kurang (K), Cukup (C), Baik (B), dan Sangat Baik (SB);
2) untuk ranah pengetahuan menggunakan skor rerata 1,00 – 4,00 dengan predikat D – A.
3) untuk ranah keterampilan menggunakan skor optimum 1,00 – 4,00 dengan predikat D – A.
Format rapor untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK disajikan pada gambar-gambar berikut:
FORMAT RAPORT SD KURIKULUM 2013
SD FORMAT RAPORT KURIKULUM 2013 SD,SMP,SMA DAN SMK BERDASAR PERMENDIKBUD NO 104 TAHUN 2014 PALING TERBARU
Pada SD mengedepankan ranah sikap artinya jika sikap dibawah kkm yang ditentukan: 2,67 maka bisa jadi siswa tersebut akan tinggal kelas yang juga terkoneksi masalah kehadiran ,
Jenjang SMP memiliki format yang berbeda dengan ketentuan yang berbeda pula.
FORMAT RAPORT SMP KURIKULUM 2013
SMP FORMAT RAPORT KURIKULUM 2013 SD,SMP,SMA DAN SMK BERDASAR PERMENDIKBUD NO 104 TAHUN 2014 PALING TERBARU
SMP%2B2 FORMAT RAPORT KURIKULUM 2013 SD,SMP,SMA DAN SMK BERDASAR PERMENDIKBUD NO 104 TAHUN 2014 PALING TERBARU
Catatan:
1. Untuk mata pelajaran yang belum tuntas pada semester berjalan, dituntaskan melalui pembelajaran remedi sebelum memasuki semester berikutnya.
2. Dinyatakan tidak naik kelas bila terdapat 3 mata pelajaran atau lebih, pada kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan/atau sikap belum tuntas/belum baik.  Download Permendikbud  104 tahun 2015

Sebelum melakukan Penilaian Pada Kurikulum 2013 baik SD,SMP dan SMA ada baiknya pahami prinsip dasar yang mesti diterapkan oleh seorang guru dalam melakukan penilaian tersebut.Prinsip  dan Pendekatan Penilian Kurikulum 2013
  1. Sahih
  2. Objektif
  3. Adil
  4. Terpadu
  5. Ekonomis
  6. Transparan
  7. Menyeluruh dan berkesinambungan
  8. Sistematis
  9. Akuntabel
  10.     Edukatif
Sepuluh prinsip terbut merupakan hal dasar yang tak bisa dikesampingkan dalam Penilaian Kurikulum 2013 untuk memberikan hasil terbaik pada siswa atau anak didik kita.  Pada Pendekatan nya ada beberapa aspek yang harus kita jadikan acuan, yaitu :
  1. Pendekatan penilaian yang digunakan adalah penilaian acuan kriteria (PAK)
  2. PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM).
  3. KKM Pengetahuan dan Keterampilan : > 2.66
  4. KKM Sikap : Baik  atau B
Pada Pembahasan yang telah lalu kami telah sampaikan tentang Berbagai Jenis Penilaian Pada Kurikulum 2013.
Rentang Nilai
0.00  ˂      skor    ˂     1,00    = D
1,00  ˂      skor    ≤     1,33    = D+
1,33  ˂      skor    ≤     1,66    = C-
1,66  ˂      skor    ≤     2,00    = C
2,00  ˂      skor    ≤     2,33    = C+
2,33  ˂      skor    ≤     2,66    = B-
2,66  ˂      skor    ≤     3,00    = B
3,00  ˂      skor    ≤     3,33    = B+
3,33  ˂      skor    ≤     3,66    = A-
3,66  ˂      skor    ≤     4,00    = A

Kriteria kenaikan kelas ditentukan oleh satuan pendidikan, dengan ketentuan minimal :
Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada tahun  pelajaran yang diikuti.
Mencapai tingkat kompetensi yang dipersyaratkan, minimal sama dengan KKM.
Mencapai nilai sikap untuk semua mata pelajaran minimal baik.Tidak terdapat nilai kurang dari KKM maksimal pada tiga mata pelajaran.Ketidakhadiran siswa tanpa keterangan maksimal 15 % dari jumlah hari efektif.
Kriteria Kelulusan
Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran
Lulus ujian sekolah/madrasah; dan
Lulus Ujian Nasional

Sumber: http://www.kuambil.com/2014/11/29/format-raport-kurikulum-2013-sdsmpsma-dan-smk-berdasar-permendikbud-104-tahun-2014-paling-terbaru/

0 comments:

Post a Comment